Friday 18 November 2016

Indonesia Emas 2045, 0 atau 1





Sebelum banyak membahas tentang Indonesia emas 2045, mungkin banyak yang masih belum “ngeh”. Oke deh, daripada teman semua bingung lebih baik kita cari tau dulu, apa sih Indonesia emas 2045 itu? Setelah browsing, searching, asking, googling, sampai pusing, hehe.

Ternyata begini, teman ingat kapan kita merdeka? Yap, benar sekali, 1945, dan teman tahu mengapa tahun 2045 itu sangat penting? Nah, kalau dihitung 2045-1945 itu akan menghasilkan angka yang.... Jeng-jeng, biasa saja hehe. Jika dihitung sejak Indonesia merdeka, maka 2045 merupakan tahun keseratus sejak Indonesia merdeka. Ibarat manusia mungkin itu Sweet Seventeen kali ya, Indonesia ditargetkan akan meninggalkan julukan sebagai negara berkembang dan akan diupgrade menjadi negara maju. Tidak seperti negara yang “katanya” adidaya Amerika, Amerika masih membutuhkan 200 tahun untuk merdeka.

Setelah tahu pengertian Indonesia emas 2045, akan muncul beberapa pertanyaan, diantaranya sektor apa saja sih yang akan menjadi andalan Indonesia untuk menjadi negara maju? Lantas bagaimana usaha pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan hal tersebut? Dan yang terakhir akankah Indonesia emas terwujud?

Kita bahas pertanyaan pertama dulu deh. Sektor apa saja yang akan menjadi andalan Indonesia untuk menjadi negara maju? Dari konsep besar yang diusung Indonesia emas 2045 dapat diambil kesimpulan bahwa semua sektor mulai dari pertanian, ekonomi, pendidikan, teknologi, dan lain sebagainya akan diunggulkan dan akan mendukung Indonesia untuk menjadi negara maju. Meskipun begitu, kemungkinan terbesar yang akan menjadi andalan Indonesia untuk menjadi negara maju adalah sektor pertanian, karena tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi agraris terbesar di dunia.

Selanjutnya, pertanyaan kedua. Usaha apa yang dilakukan untuk mencapai Indonesia emas 2045? Jika berbicara masalah usaha apa saja yang dilakukan, ini tergantung subjek yang akan kita bicarakan.Langsung saja, kita ambil subjek siswa dan mahasiswa. Kita pasti sudah hafal karena memang sudah jadi cerita lama dan menjadi legenda, bahwa siswa dan mahasiswa tugasnya adalah belajar. Ingat, belajar, bukan berdagang hehe. Jadi, kalau teman-teman siswa dan mahasiswa ingin Indonesia emas 2045 terwujud, maka rajin-rajinlah tema semua belajar. Karena, dengan begitu maka teman semua akan memberikan kontribusi di sektor pendidikan yang merupakan salah satu sektor penting di sebuah negara.

Kemudian kita ambil subjeknya para petani, petani di sini mempunyai peran yang sangat besar bagi kemajuan Indonesia, karena sudah dibahas sebelumnya (kalau lupa scroll ke atas lagi) bahwa sektor paling berpotensi untuk mendukung kemajuan Indonesia adalah pertanian. Oleh karena itulah, petani diharapkan dapat menjalin kolaborasi yang baik dengan semua pihak pendukung untuk memaksimalkan hasil pertaniannya. Tak cukup sampai di situ, para petani juga harus mulai menggunakan teknologi tepat guna untuk meningkatkan produktivitas pertaniannya.

Lanjut deh, yang terakhir nih, kita ambil subjeknya pemerintah. Sebagai pemerintah, usaha yang bisa dilakukan untuk berkontribusi aktif dalam upaya terwujudnya Indonesia emas 2045 adalah dengan membuat kebijakan yang efektif dan tepat sasaran. Jika dilihat dari keadaan yang ada, menurut beberapa lembaga survei tingkat kemiskinan mulai berkurang, kemudian pertumbuhan ekonomi dan pendidikan juga semakin meningkat. Hal ini tidak lepas dari peran kebijakan pemerintah yang efektif dan tepat sasaran. Meskipun sekarang keadaan Indonesia sedang bergejolak karena isu sara dan lain sebagainya, tapi kita harus tetap mengakui bahwa kebijakan yang diambil sangat baik, ya listrik saja ada positif dan negatif. Kalau selalu positif tidak akan berguna.

Baiklah, pertanyaan terakhir. Akankah Indonesia emas 2045 terwujud? Kalau ada pertanyaan seperti itu apakah jawaban yang akan teman-teman berikan? Ya, kalau saya sebagai warga negara yang taat dan berkati kepada negara jawabannya ya pasti terwujud lah, semoga saja, hehe. (Jawaban gak yakin). Enggak kok, itu tadi jawaban yakin, optimis kawan, kita pasti bisa. Nah, supaya lebih optimis lagi, lebih baik kita bahas deh, faktor pendukung dan penghalang terwujudnya Indonesia emas 2045.

Faktor pertama nih, beberapa sektor di Indonesia semakin hari semakin baik. Misalnya saja, di sektor pendidikan, dulu penduduk yang tamat SMA sudah sangat tinggi, tetapi sekarang ijazah SMA sudah tidak berlaku lagi, diganti dengan ijazah S1. Bahkan, gelar S1 pun kini mulai susah untuk mencari kerja. Selain itu, pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan berupa KKNI atau Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Dalam kebijakan ini pemerintah melakukan penyetaraan untuk semua jenjang pendidikan yang ada di Indonesia ke dalam sembilan level yang sesuai dengan keadaan di dunia kerja saat ini. Tapi, ada tapinya nih. Meskipun pendidikan di Indonesia semakin berkembang, masyarakat yang berada di daerah pinggiran utamanya di daerah perbatasan masih susah untuk mendapatkan pendidikan yang baik dan sesuai dengan kurikulum yang ada.

Kemudian, sektor industri baik kecil maupun besar di Indonesia juga berkembang dengan pesat, hal ini dapat kita lihat dengan banyaknya industri kreatif yang berdiri, bahkan dengan era teknologi informasi yang semakin maju, semakin banyak pula orang yang berani memulai usaha kecilnya. Hal ini dikarenakan mereka sudah tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan cara untuk menjual dan mempromosikan hasil industrinya, semua sudah teratasi dengan menggunakan internet. Tidak cukup sampai di situ saja, sekarang kurikulum pendidikan di Indonesia juga mendapatkan pendidikan kewirausahaan. Dari situlah nantinya diharapkan lulusan yang dihasilkan dapat langsung membuat usaha sendiri, tidak perlu lagi susah payah mengemis pekerjaan pada orang lain.

Selanjutnya yang ketiga. Pembangunan insfrastruktur di Indonesia juga semakin berkembang pesat. Hal itu bisa di lihat dari semakin banyaknya fasilitas umum dan meningkatnya pelayanan transportasi untuk masyarakat. Dengan begitu, otomatis produktifitas masyarakat juga akan meningkat. Sayangnya, warga negara yang tinggal di pinggiran masih belum merasakan hal ini. Akses jalan saja masih sangat jarang, sehingga hal ini juga membuat produktifitas masyarakatnya tidak bisa maksimal. Misalnya untuk menjual hasil kebun saja dibutuhkan naik gunung turun lembah (Ninja Hatori) selama berkilometer jauhnya. Nah, ini yang masih menghambat Indonesia untuk menjadi negara maju.


Oke, sebenarnya masih banyak lagi faktor lainnya yang bisa dibahas, tapi kita cukupkan sampai di sini saja. Dari pembahasan panjang kali lebar kali tinggi tadi, dapat kita ambil beberapa point penting. Yang pertama adalah, visi Indonesia 2045 sangatlah bagus dan bisa memacu semangat pemerintah dan masyarakat untuk memajukan Indonesia. Kemudian, Untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju, dibutuhkan banyak perbaikan di sana sini, hal ini bukan tugas pemerintah saja, tetapi tugas semua warga negara. Karena para pahlawan saja telah berjuang untuk memerdekakan Indonesia, mengapa kita tidak bisa memajukan Indonesia merdeka?

Nama : Dimas Setiawan
NIM : 165150200111003
Cluster/Kelompok : 5/19

No comments:

Post a Comment

HARAP LAPOR JIKA ADA LINK YANG RUSAK